Daging ayam, sapi, atau ikan yang diolah dengan adonan tepung atau remah roti dan berbagai bumbu (merica, garam, bawang putih, dll.), jika dibentuk bundar-bundar biasa diberi nama “bakso” atau “meatball”. Bakso dikenal di seluruh dunia. Jika di Indonesia diberi mi kuning atau bihun dan kuah kaldu sapi, di luar negeri bisa dijadikan isi taco, pizza, hamburger hingga dipanggang seperti sate.

* Afghanistan: bakso adalah makanan tradisional dalam sup, juga bisa ditemui sebagai topping pizza.

* Albania: bakso goreng (Qofte të fërguara) ditaburi keju feta.

* Portugal dan Brazil: bakso diberi nama “almôndegas” dan biasanya digoreng serta disajikan dengan pasta spaghetti.

* Cina: terutama di masakan Shanghai biasa terbuat dari daging babi, dikukus atau direbus dan disajikan dengan kecap. Bakso Kanton biasa dimasak dari daging sapi dan ikan yang dicincang.

* Denmark: bakso daging babi atau sapi cincang diberi nama “Frikadeller” biasa digoreng dengan bumbu bawang, telur, garam, merica. Olahan ini dibentuk seperti bola tapi dipipihkan sedikit untuk memudahkan proses menggorengnya.

* Finlandia: biasa diberi nama “Lihapullat” terbuat dari daging sapi cincang atau campuran sapi-babi, dengan remah roti yang dicampur susu, merica, garam, dan cincangan bawang merah. Biasa disajikan dengan kentang ber-gravy acar timun dan selai.

 

* Jerman: diberi nama “Frikadellen” (daerah utara) atau “Buletten” (daerah timur) atau “Fleischpflanzerl” dan “Fleischküchle” (daerah selatan Jerman). Secara umum namanya adalah “Hackbällchen”.

* Austria: diberi nama “Fleischlaberl”.

* Yunani: diberi nama “Keftedes” dan biasa dicampur dengan bawang dan daun mint. Bisa juga direbus dengan berbagai bumbu stew dan diberi nama “Yuvarlakia”.

* Bulgaria: diberi nama “Kyufte” dan biasa dibuat dari campuran daging babi dan sapi, remah roti, dan cincangan bawang. Variasi lain dicampur dengan sayuran dan berbagai macam daging lain.

* Romania: diberi nama “Chiftele” dan “Pârjoale” biasa digoreng dengan minyak penuh (deep fried) dan dibuat dari daging ayam atau babi, dicampur bawang putih.”Chiftele” biasanya lebih kecil dan banyak daging, juga bisa menjadi campuran sup yang kemudian sup itu diberi nama”Ciorbă de perişoare”.

Chiftele

* Iran: beberapa macam bakso dikonsumsi; jika direbus bernama “Kufteh” (bahasa Persia untuk cincang yang bisa untuk membungkus telur atau buah kering). Jika digoreng (biasanya bakso kecil) diberi nama “Kal-e Gonjeshki” (berarti “kepala burung”). Keduanya dimakan bersama roti atau nasi. Biasa juga dimasak dengan memberikan bumbu-bumbu. Ada sekitar 10 jenis “Kufteh”, dan yang terkenal adalah “Kufteh Tabrizi”, yang berasal dari Tabriz di barat laut Iran.

* Italia: biasa diberi nama “Polpette” dan disajikan sebagai makanan utama atau dicampur dalam sup (makan pembuka). Bahan utamanya adalah daging sapi atau babi atau ayam kalkun, dicampur garam, lada hitam, bubuk bawang putih, minyak zaitun, keju romano, telur, remah roti, seledri, yang semuanya diaduk dengan tangan untuk membentuk bakso seukuran bola golf.

* Jepang: biasa disajikan dalam hamburger steak “Hanbāgu”.

Hanbāgu

* Norwegia: biasa diberi nama “Kjøttkaker” atau bisa disamakan dengan kue daging yang mirip dengan “Frikadeller” dari Denmark. Bakso daging ini disajikan dengan kentang rebus, gravy, atau kacang polong rebus. Terkadang malah disajikan dengan bawang goreng atau bawang karamel.

Kjøttkaker

* Swedia: diberi nama “Köttbullar”

* Filipina: diberi nama “Almondigas” atau “Bola-bola”, dan jika menjadi campuran sup pasta vermicelli diberi nama “Misua” yang disajikan dengan roti bawang dan jeruk peras.

Almondigas

* Spanyol dan Amerika Latin: diberi nama “Albóndigas” dan biasa disajikan sebagai makanan pembuka atau utama, dengan saus tomat. Di Meksiko, masakan ini disajikan dalam sup sayuran.

* Belanda dan Belgia: bola daging biasanya diberi nama”Gehaktbal” dan disajikan dengan kentang serta sayuran.

Gehaktbal

* Turki: ada 80 macam bola daging (“Köfte”) yang biasa dibuat dengan nama-nama dan bahan lokal.

Köfte

* Hungaria: diberi nama “Fasirt” atau “Fasirozott”.

Fasirt

* Amerika Serikat: bola daging biasa dimasak dengan spaghetti, sebagai masakan yang diimpor dari Italia daerah selatan awal abad ke-19, padahal di tempat asal pasta biasa hanya dimakan dengan saus tomat, dan bola daging dimakan terpisah.
* Indonesia: tentu kita mengenal “Bakso” yang disajikan di dalam mangkok seperti sup, dengan mi atau mihun, tahu, terkadang berisi telur rebus utuh. Jika digoreng bisa juga menjadi batagor atau makan dengan bumbu kacang diberi nama siomai.