Hamburger (atau burger) adalah roti tumpuk yang berisi daging giling yang telah dimasak (patty) secara khas (goreng atau kukus, panggang, rebus) dan biasanya disajikan bersama pernik lain (irisan ketimun, tomat, bawang bombay) serta topping roti (roti bun dengan atau tanpa wijen). Burger bisa disajikan bersama kentang goreng dan onion rings.
Kata ‘Hamburger‘ berasal dari Hamburg, Jerman, yang dikenal sebagai daerah dengan rakyat yang gemar memakan daging babi (ham). Dari Jerman juga dikenal Frankfurter (nama lain daging hotdog), Berliner (donat selai), atau Thüringer (Bratwurst). Di Hamburg waktu itu biasa disajikan daging babi (roasted) di dalam roti (roll). Mungkin agak berbeda dengan burger modern yang dikenal sekarang, tapi inilah cikal-bakal burger yang ada. Konon kabarnya imigran Jerman yang membawa jenis makanan ini ke Amerika Serikat.

Burger Favorit ala Cafe

Oleh: Indriani
Harga: Rp 22.500,-
HARGA INIBUKU DISKON 15% : Rp 19.125,-

Burger atau hamburger merupakan makanan paling populer di Amerika. Menurut “The American Dictionary of Food and Drink:, setiap orang Amerka rata-rata makan 3 hamburger tiap minggu. Dan setiap tahun di Amerika hamburger dikonsumsi sebagyak 38 juta buah!

Seperti halnya di negara-negara Asia Tenggrara lainnya, di Indonesia, hamburger begitu populer dan sangat disukai terutama oleh anak-anak, remaja, dan kaum mudanya. Burger atau hamburger dijual di berbagai tempat, mulai dari kantin sekolah, pedagang keliling, counter-counter pinggir jalan yang menjual hamburger untuk bisa dibawa pulang, hingga restoran dan cafe.

Ada begitu banyak variasi burger, buku ini memuat lebih dari 15 resep burger favorit dan popular, yang mudah dibuat, sehat, dan lezat. resep-resep burger yang direkomendasikan untuk Anda antara lain adalah: Cheese Burger, Double Decker Burger, Fish Burger, Chicken Burger.

Sandwich dan Hamburger

Oleh: Ambarini Harriza Harmaily
Harga: Rp 20.000,-
HARGA INIBUKU DISKON 15% : Rp 17.000,- (klik sini)

Sandwich dan Hamburger adalah roti yang diberi lapisan bahan isi. Variasi isisnya begitu beragam. Biasanya merupakan kombinasi bahan olahan daging/ikan dengan sayuran segar ditambah olesan saus yang lezat. Kedua hidangan favorit anak-anak, remaja, dan juga kaum muda ini benar-benar lengkap gizi, cocok dibawa sebagai bekal sekolah, bekal piknik, atau saat santai.

Buku ini memberikan 16 variasi tampilan dan cita rasa sandwich dan hamburger yang bisa Anda coba. Untuk rotinya tidak harus roti tawar lembaran, atau roti bulat untuk hemburger, Anda bisa mencoba jenis roti seperti croisant, pitta bread, tortilla, mantaw, atau roti tongkat khas Prancis. Untuk Anda yang tinggal di kota-kota besar, bisa mendapatkan semua jenis roti tersebut di pasar swalayan terkemuka.

Sandwich dan Hamburger sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak waktu. Hidangan ini bisa diandalkan sebagai hidangan bergizi di hari-hari anda yang padat dengan aneka kesibukan.

Seri Quick Cooking: Pizza dan Burger Special

Oleh: Albertin Hoesni
Harga: Rp 20.000,-
HARGA INIBUKU DISKON 15% : Rp 17.000,-

Berisi resep-resep Pizza dan Burger Spesial favorit Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk mengolahnya hingga sajian siap disantap tidak lebih dari 1 jam. Cocok untuk Anda yang sibuk tapi tetap ingin menjalankan kegemaran masak-memasak. Setiap resep dilengkapi dengan foto step by step, sehingga mempermudah para pemula tidak saja dapat menyantapnya, tapi juga piawai membuatnya sendiri. Urutan resep-resep Pizza dan Burger Spesial dari yang menunggu untuk Anda praktikkan segera adalah Pizza Pescatora, Pizza Calzone, Pizza Ala Napoletana, Burger Ayam Saus BBQ, Burger Sate, dan seterusnya.

Mayonaise Lada Hitam

Posted on May 6th, 2008 in Saus-Sambal by mlandhing

Ini adalah variasi mayonaise buatan sendiri. Rasanya tetap gurih, namun diperkaya dengan bawang putih dan sentuhan pedas lada hitam.

BAHAN:
2 btr kuning telur
1 sdt saus mustard
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
290 ml minyak zaitun/minyak jagung
1 sdm air jeruk lemon

CARA MEMBUAT:
# Kocok kuning telur, mustard, garam, bawang putih, dan bubuk lada hitam dengan mixer kecepatan rendah hingga lembut dan tercampur rata.
# Masih dengan mixer kecepatan rendah, tambahkan minyak zaitun/minyak jagung setetes demi setetes. Biarkan dulu setiap tetes tercampur rata, baru masukkan tetes berikutnya. Lakukan hingga semua minyak tercampur rata.
# Jika adonan mayonaise sudah mengembang dan kaku, masukkan perasan air jeruk lemon. Kocok hingga tercampur rata. Jangan kaget karena setelah air jeruk lemon masuk, adonan akan ‘turun’.
# Jika adonan mayonaise terlalu kental, tambahkan saja 1-2 sdm air mendidih dan kocok hingga rata.
# Mayonaise siap digunakan.

TIPS & TRIK:
# Tips dan trik pembuatan mayonaise lada hitam ini sama saja dengan pembuatan mayonaise klasik.

Mayonaise Klasik

Posted on May 6th, 2008 in Saus-Sambal by mlandhing

Mayonaise atau kadang kita menyingkatnya dengan sebutan mayo, sebenarnya mudah membuatnya, asalkan kita sabar. Membuat mayo memang tidak bisa terburu-buru. Jika tidak, teksturnya jelek, adonan terpisah, tidak blended. Ada beberapa variasi resep mayonaise. Kali ini mlandhing menyajikan yang paling klasik dulu ya.

BAHAN:
2 btr kuning telur
1 sdt saus mustard
1/2 sdt garam
290 ml minyak zaitun/minyak jagung
1 sdm air jeruk lemon

CARA MEMBUAT:
# Kocok kuning telur, mustard, garam dengan mixer kecepatan rendah hingga lembut dan tercampur rata.
# Masih dengan mixer kecepatan rendah, tambahkan minyak zaitun/minyak jagung setetes demi setetes. Biarkan dulu setiap tetes tercampur rata, baru masukkan tetes berikutnya. Lakukan hingga semua minyak tercampur rata.
# Jika adonan mayonaise sudah mengembang dan kaku, masukkan perasan air jeruk lemon. Kocok hingga tercampur rata. Jangan kaget karena setelah air jeruk lemon tercampur rata, adonan akan ‘turun’.
# Jika adonan mayonaise terlalu kental, tambahkan saja 1-2 sdm air mendidih dan kocok hingga rata.
# Mayonaise siap digunakan.

TIPS & TRIK:
# Kunci sukses pembuatan mayonaise adalah pada saat pencampuran minyak zaitun atau minyak jagungnya. Harus tetes demi tetes hingga tercampur rata baru tambahkan tetesan berikutnya. Akan makan waktu seharian? Nggak kok. Cepat bahkan, kenapa? Karena semakin banyak tetes minyak yang sudah masuk, maka tetesan berikutnya bisa tambah banyak. Kalau mau mudah, masukkan saja minyak ini ke bekas botol cuka/kecap yang ujungnya berlubang kecil itu lho. Jadi saat tangan mengocok kuning telur, maka tangan kiri bisa memegang minyak ini dan menuangnya setetes demi setetes.
# Btw, selama pembuatan mayonaise ini kocokan mixer kecepatan rendah harus konstan dan tidak berhenti sampai mayonaise jadi.
# Pastikan kocokan kuning telur telah mengembang sebelum memasukkan minyak zaitun/minyak jagungnya.
# Wah, kok kayaknya rumit banget ya caraku menerangkan? Tapi tidak kok, pada prakteknya simple banget.

About these ads